Social Icons

Pages

Sabtu, 02 November 2013

Danau Terindah

DANAU TERINDAH DI INDONESIA

Apa sih yang Indonesia ngga punya? Gunung banyak, laut dan pantai dimana-mana, hutan juga kaya, danau juga ngga kalah. Nah, kali ini Triphemat ingin mengulas beberapa danau cantik yang ada di Indonesia, dan pilihan Triphemat kali ini jatuh pada 10 danau di bawah ini. Simak ya!

1. Danau Labuan Cermin


Seperti namanya, danau ini memang seperti cermin. Airnya jernih kebiruan. Uniknya, danau ini memiliki 2 jenis air, air tawar pada permukaannya dan air asin pada bagian dasarnya. Danau Labuan Cermin terletak di desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.







2. Danau Kelimutu

Tidak ada yang tidak indah di Provinsi NTT. Keindahan alamnya begitu melimpah, mulai dari laut, sampai gunung. Termasuk Danau Kelimutu yang ada di Gunung Kelimutu Flores, NTT. Danau Kelimutu terdiri dari tiga buah danau yang berbeda warna dan sering berubah-ubah warnanya. Gunung Kelimutu sendiri terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.





3. Danau Toba

Danau Toba adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km yang terletak di Provinsi Sumatra Utara. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.








4. Danau Sentani

Danau Sentani berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops. Danau ini terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dan merupakan danau terbesar di Papua. Sebanyak 21 pulau kecil terhampar menghiasi Danau Sentani. Pada pertengahan bulan Juni setiap tahunnya diadakan Festival Danau Sentani. Untuk mengelilingi danau, pengelola menyediakan perahu yang dapat disewa oleh wisatawan.


5. Danau Tondano

Danau Tondano adalah danau terluas di Sulawesi Utara. Diapit oleh Gunung Kaweng, Pegunungan Lambean, Bukit Tampusu, Gunung Masarang. Dan dilingkari oleh jalan provinsi yang menghubungkan Kota Tondano dengan Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken dan Kecamatan Tondano Selatan. Di danau ini terdapat dua pulau kecil bernama Pulau Likri dan Pulau Papalembet.


6. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh adalah sebuah danau yang berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Danau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Dan sesuai namanya, danau ini memang dikelilingi oleh tujuh buah gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Berada di ketinggian 1.950 mdpl, menjadikannya sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Dibutuhkan 2 sampai tiga jam pendakian dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat. Secara Administratif, danau ini masuk ke wilayah Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text